Langkah-langkah Merakit PC Pemula

Cara untuk merakit PC rakitan adalah : 

Pilihan komponen

  • Prosesor-CPU

Untuk merakit PC gaming ada beberapa komponen yang harus diperhatikan dan memilihnya dengan tepat : 

Prosesor adalah komponen komputer yang bertanggung jawab untuk melakukan perhitungan dalam perangkat dan bertugas untuk mengeksekusi suatu instruksi.

Proses ini disebut sebagai siklus fetch-decode-execute yang bekerja miliaran kali per detik dengan tujuan untuk melakukan eksekusi prosesor yang cepat dan efisien serta untuk memenuhi berbagai perangkat dan aplikasi seperti Central Processing Unit (CPU), Graphics Processing Unit (GPU) dan Application-specific Integrated Circuits (ASIC).

CPU biasanya ditemukan pada komputer desktop dan laptop yang berfungsi untuk menyediakan kemampuan komputasi tujuan umum.

GPU digunakan untuk merender grafis yang biasanya digunakan dalam konsol game dan workstation desain grafis.

ASIC adalah sebuah prosesor khusus yang berfungsi untuk tugas-tugas seperti penambangan mata uang kripto dan perhitungan kecerdasan buatan.

  • Kartu Grafis-GPU

GPU adalah komponen penting yang dapat meningkatkan kemampuan grafis yang bertugas untuk menampilkan gambar, video dan animasi di layar.

Yang biasanya dibutuhkan untuk bermain game, mengedit video dan aplikasi yang berhubungan dengan grafis, GPU bekerjasama dengan CPU untuk melancarkan dan mengefisienkan  kinerja

GPU termasuk unit untuk pemrosesan grafis, chip memori dan sistem pendingin yang terhubung dengan motherboard melalui slot ekspansi seperti PCI Express.

GPU modern dirancang dengan fitur-fitur canggih seperti ray tracing yang mensimulasikan cahaya di lingkungan virtual untuk menghasilkan pantulan cahaya yang realistis. 

GPU juga digunakan untuk mempercepat tugas-tugas refresh monitor yang menyebabkan pengurangan robekan layar yang memberikan pengalaman bermain game dengan lebih mulus.

  • RAM

RAM berfungsi untuk memaksimalkan kecepatan dan efisiensi pada komputer.

RAM bertugas untuk menyimpan data instruksi yang berfungsi untuk pemprosesan pusat (CPU) untuk mengakses dan memproses informasi dengan cepat dan meningkatkan kinerja yang lebih cepat dan lancar.

RAM juga berfungsi untuk meningkatkan daya tanggap pada komputer.

Dan untuk para gamer biasanya dibutuhkan RAM yang besar untuk menopang kegiatan saat bermain game untuk meningkatkan performa dalam game dan meningkatkan grafis resolusi tinggi dan imersif.

Dengan RAM yang besar komputer dapat menangani banyak aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya.

Baca selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *